Kali ini kita akan membuat suatu program Kalkulator menggunakan JFrame Net Beans 7.3.
Berikut cara membuat program :
1. Buka atau Open NetBeans 7.3 dengan cara : start & Kemudian pilih NetBeans 7.3
| |
2. Kemudian Setelah NetBeans Terbuka.
4. Selanjutnya pilih “New Project” atau bisa menggunakan keyboard dengan menekan Ctrl+Shift+N
5. Selanjutnya pilih “Java Application” Kemudian Klik Next >
6. Selanjutnya Ketik Kata pada Project Name “KalkulatorPro” atau sesuai nama yang anda inginkan Tanpa Menggunakan Space.
Pada kotak project location pilih tempat penyimpan program yang akan dibuat.
7. Kemudian setelah finish pada project netbeans akan muncul seperti gambar di bawah ini.

9. Selanjutnya silahkan ketik Class Name sesuai dengan keinginan anda. Setelah nama dibuat kemudian finish.
Agar memudahkan kalian pada saat membuat program jadi bisa kalian mengubah nama biar tidak kesulitan saat memprogram. contohnya seperti di bawah ini. ingat setiap besar kecil huruf pada netbeans berpengaruh . jadi nama yang anda ubah jadi disesuaikan sama program yang kalian akan buat.karena akan berdampak pada program.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.
Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
17. Program untuk tombol kali (*)
19. Program Tombol sama dengan(=)
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadi String agar yang bisa ditampilkan di display.
Mengatur Properti JFrame
8. Setelah itu Klik Kalkulator dan kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini.

kemudian klik kanan pada default package > kemudian pilih new> lalu pilih jFrame Form.
9. Selanjutnya silahkan ketik Class Name sesuai dengan keinginan anda. Setelah nama dibuat kemudian finish.
10. Selanjutnya akan muncul lembar kerja pada NetBeans7.3.
Pertama-tama kita buat tampilan kalkulator dulu seperti di bawah ini.
Pilih Design disebelah Source untuk tempat dimana kita desain Tampilan Kalkulator yang akan kita buat.
Selanjutnya untuk mendesign Tampilan Kalkulator disebelah kanan lembar kerja ada Swing Containers dan Swing Controls . Disitu anda mengambil yang diperlukan untuk membuat tampilan kalkulator.
Untuk membuat tampilan yang diperlukan hanya Label,Button, dan TextField.
Fungsi dari label bertujuan seperti pada tampilan kalkulator yang saya buat di bagian atas untuk membuat nama/merk pada bagian atas layar tampilan kalkulator.
Fungsi dari Button yaitu untuk tombol pada tampilan kalkulator . Contohnya: tombol angka 0-9 dan (+),(=),(,),(x),(-),(C).
Fungsi dari TextField adalah untuk tampilan nilai yang akan kita hitung.
Berikut ini adalah design tampilan kalkulator saya.
Setelah membuat tampilan kalkulator sesuai dengan yang anda inginkan.
Untuk mengubah teks dan nama variabel komponen caranya :
klik kanan pada komponen yang akan di modif --> Edit Text ( untuk mengubah teks yang tampil) atau Change Variable Name ( Untuk mengubah nama variabel komponen )Agar memudahkan kalian pada saat membuat program jadi bisa kalian mengubah nama biar tidak kesulitan saat memprogram. contohnya seperti di bawah ini. ingat setiap besar kecil huruf pada netbeans berpengaruh . jadi nama yang anda ubah jadi disesuaikan sama program yang kalian akan buat.karena akan berdampak pada program.
![]() |
Daftar nama variabel tiap komponen |
11. Selanjutnya kita akan mengatur program pada kalkulator. Disebelah Design kita klik Source untuk membuat program kalkulator.
12. Pertama kita input atau masukkan program di bawah public class NewJFrame extends javax.swing.JFrame.
Masukkan atau input :
String angka;
double jumlah, angka1,angka2;
int pilih;
Tujuan dari yang kita lakukan di atas adalah untuk melakukan pengenalan pada program yang akan kita buat. agar program yg kita buat terbaca oleh javax.swing.JFrame.
13. Selanjutnya kita input program untuk tombol angka 0-9.
Data program yang kita masukkan kita sesuaikan dengan design kita pada tampilan kalkulator seperti ini caranya.
pertama kita ke Design kemudian tampilan kalkulator.
selanjutnya klik pada tampilan kalkulator tekan tombol yang akan kalian masukkan ,tekan dua kali kemudian akan muncul lembar kerja program, dan kemudian input programnya.
// TODO add your handling code here:
angka += "x";
jTextField1.setText(angka);
Nilai x sesuai dengan angka pada tombol (JButton) yang akan ditampilkan di display (JTextField).
Maksud kode diatas adalah jika suatu tombol angka di klik maka akan meletakan 1 digit angka tertentu di sebelah kanan variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.
untuk tombol bilangan angka menyesuaikan seperti kode button angka 0.
14. Selanjutnya untuk program tombol tambah (+)
Program yang di input:
angka1=Double.parseDouble(angka);
jTextField1.setText("+");
angka="";
pilih=1;
Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe data Double, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu ke Double.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.
Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
15. Program untuk tombol kurang(-)
16. Program untuk tombol bagi (/)
17. Program untuk tombol kali (*)
18. Program untuk tombol koma (,)
Program yang di input:
// TODO add your handling code here:
angka += ".";
jTextField1.setText(angka);
19. Program Tombol sama dengan(=)
Program yang di input:
// TODO add your handling code here:
switch(pilih){
case 1:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 + angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 2:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 - angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 3:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 * angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 4:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 / angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
}
Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadi String agar yang bisa ditampilkan di display.
20. Program Tombol Clear (C)
Program yang di input:
// TODO add your handling code here:
jTextField1 .setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";
21. Penyempurnaan Tampilan
Setelah kodingan selesai, perlu ditambahkan beberapa aturan yang harus kita tetapkan di Interface agar program lebih teratur dan tidak terjadi kesalahan program diakibatkan oleh user.
Mengatur Properti JFrame
Klik kanan di area (container) Desingn JFramenya --> Properties.
Mengatur Properti JTextField
Klik kanan di komponen JTextField yang berada di dalam container JFrame --> Properties
- Isi title JFrame.
- Uncheck resizable. Ini bermaksud agar pada saat program di Run user tidak bisa di mengubah panjang atau lebar window.
![]() |
Properti JFrame |
Klik kanan di komponen JTextField yang berada di dalam container JFrame --> Properties
- Uncheck editable. Agar user tidak dapat memasukan karakter langsung dari keyboard. Menghindari karakter yang tidak diinginkan masuk ke display.
- Horizontal Alignment ubah menjadi Right. Agar posisi angka menjadi rata kanan seperti kalkulator pada umumnya.
![]() |
Properti JTextField display |
22. Menjalankan Aplikasi
Terakhir, adalah menjalankan Aplikasi Java nya.
Klik Run --> Run Project atau Run File.
Sekian dan Terima Kasih.
Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!!!
Assalamualaikum wr.wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar